Selasa, 20 Maret 2007

Mengganti bearing pintu sliding Zebra

Bearing atau laher bagian tengah pintu slide (geser) pada mobil Zebra sangat mudah menggantinya berikut langkah2nya:
  1. Beli bearing no. 38 untuk bagian tengah pintu slide di Pusat Onderdil Ramanda Depok (khusus spare part Daihatsu) seharga Rp. 30.000,- / 2 buah.
  2. Lepas penutup pintu slide (ada skrupnya), door handle (ada murnya), pemutar kaca dan pembuka pintu (ada penguncinya - cungkil dengan obeng lurus).
  3. Ganjal bagian bawah agak kebelakang dari pintu menggunakan dongkrak dan buat agar pintu tidak tertopang semetara pada engsel bagian tengah yang akan dilepaskan.
  4. Di pojok bawah belakang pintu ada lubang terdapat 2bh sekrup, ring dan mur yang memeggang kuat engsel yang ujungnya bertautan dengan cantelan bearing bagian tengah body, kendurkan menggunakan kunci no 13 untuk skrup dan 14 untuk mur. Hati-hati jangan sampai mur terjatuh kedalam dasar pintu.
  5. Setelah kendur lepaskan mur menggunakan tangan agar tidak terjatuh.
  6. Dua baut dan mur tadi melepaskan engsel dan dapat diambil dari belakang pintu slide.
  7. Setelah engsel lepas, tautan bearing dapat bawa keluar rel melalui ujung belakang yang terdapat penutup plastik yang harus dilepas.
  8. Dibalik penutup terdapat penahan bearing yang dipegang dua skrup no 10 kendurkan bila kencang karena karat semprotkan 4WD kemudian ketok sambil sesekali di coba diputar dikecangkan atau dikendurkan.
  9. Setelah lepas, engsel bisa di keluarkan dari relnya.
  10. Bersihkan dan sesekali rendam tautan bearing menggunakan "tar remover", terdapat skrup berkepala pipih dan bermata bintang, siapkan obeng bermata bintang (ada satu set biasanya dijual dipasaran).
  11. Kendurkan skrup bila keras, ketok sesekali sambil coba diputar. Sekrup tersebut menjepit bearing dengan semacam pipa spacer skrup yang kemungkinan keras karena karat (ketok lagi).
  12. Setelah lepas, bearing dapat diganti dengan yang baru.
  13. Pasang kembali bearing pipa spacer dan skrupkan ke tautan engsel seperti semula, kembalikan ke rel dan pasang tautan engsel ke pintu dan perhatikan untuk mencoba posisi tautan engsel agar pintu bisa menutup rapat. Rapihkan penutup dan asy pintu. Kemudian berikan grease (gemuk) pada rel agar bearing tidak cepat aus. -- Selamat Mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar